OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI EDMODO BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Abstract

Mewabahnya Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan COVID-19 membuat pengalaman baru dalam dunia pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan menggantinya dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online menjadi satu-satunya pilihan yang harus dijalankan oleh guru agar siswa tetap memperoleh pembelajaran meskipun berada dirumah. Siswa usia Sekolah Dasar belum sepenuhnya  menguasai media internet, oleh karena itu guru dituntut untuk mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif agar seluruh siswa dapat mengaksesnya dengan mudah. Pembelajaran daring melalui WA dianggap menjenuhkan oleh sebagian besar siswa. Penelitian ini menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Edmodo dipilih sebagai media pembelajaran daring yang efektif karena merupakan aplikasi gratis yang mudah diakses oleh guru berisi berbagai fitur yang dapat digunakan dalam memfasilitasi pembelajaran meliputi Assignment, Quiz, File and Link, Library, Gradebook, Award Badge, Polling, dan Parent Code. Siswa dapat dengan mudah mengakses edmodo seperti bermain social media, selain itu orang tua juga dapat memantau perkembangan belajar putra-putrinya. Optimalnya pembelajaran daring melalui aplikasi Edmodo dibuktikan dengan antusiasme siswa saat pembelajaran daring berlangsung dan meningkatnya hasil belajar.Kata Kunci: Edmodo, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar