DAMPAK KECANDUAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dilakukan mengenai dampak nomophobia terhadap anak-anak usia sekolah dasar di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 anak usia sekolah dasar yaitu AS, NAD, dan RAW beserta orangtuanya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, peneliti, teori, dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data reduksi data, display data, dan verifikasi.Hasil dari penelitian ini adalah kecanduan smartphone berdampak pada prestasi belajar siswa. AS, NAD, dan RAW tidak bisa terlepas dari smartphone nya, hal ini menjadikan ia prestasi belajar mereka menurun karena malas dalam mengerjakan tugas, merasa selalu ingin cepat-cepat menyelesaikan tugas supaya cepat bermain smartphone lagi, dalam mengerjakan tugas asal selesai tidak pernah dipikirkan dengan sungguh-sungguh, serta ia mengaku seing kesal karena setiap hari mendapatkan tugas sehingga mengurangi waktunya untuk bermain smartphone. Hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa yang rendah setelah mengenal smartphone.