PENGGUNAAN MEDIA AQUAPONIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FILTRASI AIR PADA SISWA KELAS 6 SDN DINOYO 1

Abstract

Pembelajaran tentang filtrasi air yang berlangsung selama ini masih menyebabkan hasil belajar rendah. Hal ini sesuai dengan hasil penilaian harian, sebanyak 61% siswa mendapat nilai dibawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan hasil belajar tentang proses filtrasi air, dibuatlah media Aquaponik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media Aquaponik dalam meningkatkan hasil belajar filtrasi air pada siswa kelas 6 SDN Dinoyo 1. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Dinoyo 1 tahun 2016/2017 yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan anekdot, dokumentasi dan tes tulis. Indikator keberhasilan penelitian ini ditentukan melalui ketuntasan individual dan klasikal. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir tindakan terjadi peningkatan hasil belajar filtrasi air.  Hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal diatas 78%.