EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR PADA MUATAN IPS DI SDN 01 & 02 SENENAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaraan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 senenan kabupaten jepara pada materi komoditas ekspor Indonesia dan untuk menguji perbedaan antara efektifitas penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPS materi komoditas ekspor Indonesia pada kelompok eksperimen dengan metode konvensional pada kelompok kontrol. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research).. Sempel penelitian ada 30 siswa yaitu, 15 eksperimen dan 15 sebagai kelompok kontrol. Dari uji t yang telah dilakukan pada hasil belajar IPS, dapat diketahui bahwa hasil kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. T hitungĀ  3,469 > T tabel 2,145 dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan kata lain ada perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara penggunaan model pembelajaran PBL dengan model konvensionalĀ  learning untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS materi komoditas ekspor Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 1 Senenan. Tahun Pelajaran 2019.Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar