METODE JARITMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PESERTA DIDIK KELAS 2 SD
Abstract
Kemampuan berhitung peserta didik harus dibangun sejak dini terutama dalam pembelajaran tingkat dasar karena merupakan dasar atau fondasi dalam pengembangan pembelajaran. Namun, realitanya kemampuan peserta didik dalam berhitung masih terbilang rendah terutama materi penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik kelas rendah. Hal ini disebabkan oleh stigma peserta didik yang menganggap bahwa pembelajaran matematika itu susah, dan membosankan karena kebanyakan guru masih melakukan pebelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Metode jaritmatika dianggap efektif untuk menangani permasalahan tersebut karena metode jaritmatika ialah metode berhitung yang menggunakan bantuan jari-jari tangan dan melibatkan peserta didik secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau disebut juga studi dokumentasi, pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber kepustakaan atau dokumentasi yang berhubungan dengan penerapan metode jaritmatika dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode jaritmatika dapat digunakan untuk melatih kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan peserta didik karena pembelajaran dengan metode jaritmatika dikemas secara menyenangkan dalam bentuk permainan yang akan sangat berpengaruh bagi perkembangan peserta didik. Selain itu, metode jaritmatika tidak memberatkan otak karena tidak perlu menghafal. Dengan situasi yang menyenangkan peserta didik tidak akan merasa tertekan sehingga kemampuan berhitung peserta didik dapat meningkat.