ANALISIS PROFESIONALISME GURU BERBASIS AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profesionalisme guru sebagai pendidik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan beserta upaya dalam meningkatkan profesionalisme berlandaskan agama, filooofi, psikologi dan sosiologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan kajian literatur atau riset kepustakaan. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) menjadi seorang guru teladan dan profesional,harus berlandaskan pada hadits-hadits Rasulullah SAW dan sinkron dengan qur’an; (2) Filsafat idealisme sangat penting dalam dunia pendidikan karena pada taraf inilah, guru harus mampu mengeluarkan seluruh potensi dalam diri anak didik, baik secara rasional dan nyata; (3) Psikologi pendidikan sebagai alat bagi guru untuk mengendalikan dirinya, dan juga memberi bantuan belajar kepada peserta didik;(4) Peran guru dalam perspektif sosiologi pendidikan dapat mengajak dan mengarahkan perilaku peserta didiknya aktif bersosialisasi dan berkomunikasi