PENGARUH KECAKAPAN KOMUNIKASI DAN MEMOTIVASI GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK ERA PANDEMI COVID-19
Abstract
Proses belajar yang biasanya terjadi secara tatap muka di sekolah, secara mendadak dipaksa beralih ke pembelajaran secara daring untuk mencegah penyebaran virus corona. Situasi dan kondisi semacam ini sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, banyak diantara para peserta didik yang menurun motivasi belajarnya. Penelitian ini ingin mengetahui apakah ada pengaruh kecakapan komunikasi dan memotivasi guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik era pandemic, dimana pada masa ini pembelajaran dilakukan secara daring serta seberapa besar pengaruh tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner online berupa g- form. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh antara kecakapan komunikasi guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik era pandemic Covid-19 (2) terdapat pengaruh antara kecakapan memotivasi guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik era pandemic Covid-19 (3) terdapat pengaruh secara simultan antara kecakapan komunikasi dan memotivasi guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik era pandemic Covid-19, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,650 atau koefisien determinasinya sebesar 42,3%.