IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB ADAB AL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DALAM MENINGKATKAN ETIKA DAN PROFESIONALISME GURU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kajian kitab Adab al ‘Alim wal Muta’allim dalam meningkatkan etika dan profesionalisme guru di yayasan pendidikan Al Fauzaniyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang fokus pada perencanaan, pelaksanaan, penilaian serta faktor pendukung dan penghambat kajian. teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian difokuskan pada perencanaan yang dilakukan secara musyawarah dalam memilih kitab, latar belakang memilih kitab, waktu kajian, pemilihan narasumber, sampai pada menentukan tujuan ketercapaian. Pelaksanaan kajian dimulai dengan sosialisasi kepada guru dan pelaksanaannya menggunakan metode monolog dan dialog. Penilaian kajian kitab fokus pada keikutsertaan peserta kajian, metode kajian, waktu kajian, isi kitab dan capaian keberhasilan. Faktor pendukung berupa antusiasme yang tinggi, banyak guru lulusan pesantren, narasumber yang kompeten dan lingkungan yang mendukung. Adapun faktor penghambat meliputi faktor ketidakikutsertaan sebagian guru, inkonsistensi waktu, kurangnya ketegasan yayasan, pandemi covid 19. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa adanya kajian kitab Adab al ‘Alim wal Muta’allim dapat meningkatkan etika dan profesionalisme guru di Yayasan Al Fauzaniyyah