Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Kaus Kaki
Abstract
Berdasarkan pada hasil obeservasi di Taman Kanak-kanak Banyu Urip, perkembangan keterampilan berbicara anak pada kelompok B belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka kaus kaki pada kelompok B di TK Banyu Urip, Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan cara kolaborasi antara peneliti dengan guru. Subjek yang diteliti adalah siswa Kelompok B di TK Banyu Urip, Surabaya. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 27 anak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kisi-kisi lembar observasi (checklist). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada anak melalui metode bercerita dengan media boneka kaus kaki. Hasil observasi pada tahap pratindakan menunjukkan keterampilan berbicara pada anak sebesar 56% dengan kriteria baik. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan persetase 67% hasil ini menunjukkan peningkatan sebesar 11%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 80% hasil ini menunjukkan peningkatan sebesar 13%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media boneka kaus kaki dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelompok B di TK Banyu Urip, Surabaya