Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membentuk Tanah Liat Di Taman Kanak-kanak
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yan ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan selanjutnya. Perkembangan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan kombinasi baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Peningkatan kreativitas anak dapat dilakukan dengan kegiatan membentuk menggunakan tanah liat. Peneitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perkembangan kreativitas anak melalui kegiatan membentuk tanah liat di taman kanak-kanak. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian studi literatur adalah dengan cara mengumpulkan dan menelaah sumber-sumber yang relevan yang diambil dari jurnal, artikel, buku dan sumber lainnya yang terkait dengan masalah penelitian. Setelah mendapatakan data yang diperlukan maka dilanjutkan dengan menganalisis data. Analisis data dilakukan dengan menghubungkan antara masalah dengan konsep teori yang relevan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kegiatan membentuk tanah liat dapat mengembangkan perkembangan kreativitas pada anak, dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk menciptakan karyanya sendiri, menstimulasi perkembangan anak, serta media yang digunakan sederhana dan mudah digunakan untuk anak bermain.