Cognitive Development, Media Cub Perkembangan Kognitif Melalui Media Kubus Putar Dadu Angka
Abstract
Berdasarkan observasi di TK Syeich Abu Bakar Surabaya kelompok A ada beberapa masalah yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar pada Kelompok A. Anak-anak pada umumnya belum bisa mengenal angka, masih rendah pada arahan atau bimbingan yang diberikan Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengarahkan anak-anak agar dapat bermain media kubus putar dadu angka dan mengenalkan bilangan 1-10 yang ada disisi-sisi kubus putar tersebut, dengan Bahasa yang sopan saat bermain. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap semua kegiatan yang berkaitan denganĀ pengenalan angka pada anak usia dini, metode itu yang digunakan si peneliti. Dengan subjek yang diteliti adalah 15 siswa kelompok A di TK Syeich Abu Bakar Surabaya. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dengan ini hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses penerapan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media kubus putar dadu angka untuk mengenal bilangan di kelompok A TK Syeich Abu Bakar Surabaya bahwa dengan adanya media kubus putar dadu angka ini anak-anak sudah mulai bisa mengenal angka/ bilangan 1-10 membuat anak-anak lebih mudah dan bisa mengenal angka. Pengenalan angka / bilangan dari Sejak dini anak-anak sudah sangat totalitas dan antusias dengan terciptanya APE berupa media kubus putar dadu angka ini yang membuat kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik.