Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research. Komite pembelajaran adalah sebuah tim di tingkat satuan Pendidikan yang terdiri dari pengawas sekolah, sepala sekolah, dan guru-guru yang dipilih oleh kepala sekolah. Unsur dalam komite Pembelajaran di PAUD adalah kepala satuan Pendidikan, pengawas/penilik, dan 2 pendidik. Perwakilan guru untuk komite pembelajaran akan dipilih oleh kepala sekolah yang menyelenggarakan program sekolah penggerak. Peran komite pemebalajaran adalah menyelenggarakan in-house training, menganalisis kebutuhan belajar guru dan menggerakkan komunitas praktisi di sekolahnya, memfasilitasi pertemuan rutin setiap bulan untuk proses perencanaan pembelajaran bagi guru PAUD. Berdasarkan permasalahan diatas, lalu bagaiamana Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD.