PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QURAN PADA SISWA SD NEGERI 2 KUWASEN JEPARA

Abstract

Kemampuan baca tulis al Quran adalah ketrampilan dasar guna menunjang prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa SD Negeri 2 Kuwasen. Ada data awal yang menunjukkan bahwa siswa kelas V.SD N 2 Kuwasen memiliki kemampuan baca tulis al Quran yang masih rendah, sementara alokasi waktu yang tersedia dalam struktur kurikulum SD dan guru PAI belum memadahi untuk menangani masalah tersebut, sehingga memerlukan waktu khusus di luar jam intra kurikuler. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pembelajaran BTQ siswa kelas V SD Negeri 2 Kuwasen yang diharapkan akan meningkatkan kemampuan baca tulis al Quran. Pendampingan dilaksanakan dengan pembelajaran tata muka di kelas di luar jam intra kurikuler sebanyak 36 kali, dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi/simulasi, dan praktek. Evaluasi hasil pendampingan dilaksanakan dengan tehnik tulis dan lisan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pendampingan dalam pembelajaran BTQ, memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis al Quran siswa kelas V SDN 2 Kuwasen. Hal ini bisa dilihat dengan membandingkan rata-rata nilai pre-test sebesar 65,4 dengan rata-rata nilai post-test sebesar 78,1.