KEPEMIMPINAN SPIRITUAL GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI KABUPATEN TASIKMALAYA JAWA BARAT

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan Spiritual Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Plus (SMK Plus) Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat). Kata kunci kepemimpinan spiritual guru pembentukan karakter sekolah menengah kejuruan peserta didik Krisis moral yang terjadi saat ini merupakan efek dari globalisasi yang demikian cepat. Krisis terjadi di berbagai bidang mulai bidang ekonomi politik sosial budaya dan moral termasuk bidang pendidikan. Sekolah sebagai salah satu sarana terjadinya transfer ilmu dan budaya pada peserta didik menjadi bagian penting dalam rangka perbaikan moral anak bangsa. Guru sebagai agent of change sangat dibutuhkan perannya untuk mensukseskan program pendidikan karakter di sekolah. Fokus Program ini adalah menitik beratkan pada kepemimpinan spiritual guru. Secara rinci fokus program ini membahas tentang (1) karakteristik kepemimpinan spiritual guru dalam pembentukan karakter peserta didik (2) nilai-nilai karakter yang dibentuk pada peserta didik (3) proses kepemimpinan spiritual guru dalam pembentukan karakter peserta didik (4) hasil kepemimpinan spiritual guru dalam pembentukan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan dan edukasi mengenai kepemimpinan spiritual guru dalam pembentukan karakter peserta didik. Hasil dari kegiatan pelatiahan ini adalah meningkatnya pengetahuan guru dalam ilmu bidang kepemimpinan spiritual yang dievaluasi menggunakan modul dan pengumpulan rencana perencanaan pembelajaran yang digunakan untuk diajarkan dan diterapkan kepada peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dilingkungan sekolah. Kata Kunci: Kepemimpinan Spiritual Guru, Karakter ,Peserta Didik