PENERAPAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SENI WAYANG DAN TARIAN JAWA

Abstract

Wayang imerupakan isalah isatu idari isekian ibanyak ibudaya iasli iIndonesia. iTidak ibanyak imasyarakat iIndonesia imengerti iakan isifat – isifat idan ikarakteristik itokoh iwayang. iTujuan ipembuatan iaplikasi iini iuntuk imedia ipembelajaran pendidikan seni wayang idan itarian ijawa itradisional imenggunakan iaugmented reality berbasis iandroid iuntuk imenunjang ipembelajaran pengenalan isifat isifat idana ikarakteristiknya idan idapat imembantu ipengguna iuntuk idapat imempelajari itokoh iwayang idan itarian idengan mudah, icepat idan iefisien. iSistem iini idi ibangun idengan ibahasa ipemrograman iC# idan idi irancang idengan imenggunakan imodel iwaterfall idan imenggunaan imetode imarkerless. iAda iempat itahap idalam iperancangan isystem iini iyaitu ianalisis isistem, perancangan isistem, iimplementasi isistem, idan ipengujian isistem. iProgram iaplikasi iini idapat imembantu iuser iuntuk imemunculkan iaugmented ireality iwayang 3D idan imanampikan iinformasi iwayang idan ikarakteristiknya. iInformasi iyang idisampaikan isystem cukup ibaik, iaman, idan imudah idigunakan ioleh iuser, sistem imudah iuntuk idimodifikasi iatau idiubah, fungsinya iberjalan idengan ibaik, idan imudah idigunakan ibeberapa perangkat ismartphone, ipengguna idari iaplikasi iini iadalah ianak isekolah, imasyarakat iumum.