PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI TIKET WISATA DI KOTA PEMALANG MENGGUNAKAN UX LIFECYCLE

Abstract

Teknologi yang terus berkembang selalu memberikan perubahan baru dalam meningkatkan kualitas dan kinerja suatu perusahaan. Pemesanan tiket wisata merupakan salah satu bisnis yang memerlukan bantuan teknologi informasi yang tepat, karena usaha ini membutuhkan mobilitas yang tinggi, distribusi informasi yang cepat, pelayanan konsumen yang cepat serta komunikasi antar cabang atau kota yang real time. Melalui aplikasi tiket wisata ini pengguna dapat mengetahui lokasi wisata yang dituju secara detail, memesan tiket secara online serta melakukan pembayaran tiket secara digital agar dapat memudahkan wisatawan dalam melakukan transaksi. Data menyatakan dari 21 responden atau 47,6% masyarakat kota Pemalang mengalami kesulitan pada saat memesan tiket wisata di Kota Pemalang. Beberapa masyarakat mengatakan bahwa dalam pembelian tiket terkadang ada antrian yang panjang sehingga memerlukan waktu yang lama, Kesulitan dalam mengantri ketika membeli tiket wisata apalagi di saat weekend, dan Antrian terlalu panjang membuat malas. Sehingga penulis membuat perancangan Prototype aplikasi Tiket Wisata untuk mempermudah wisatawan dalam memesan tiket. Proses perancangan prototype aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode User Experience Lifecycle, metode perancangan dilakukan dengan metode the wheel yang digagas oleh Hartson dan Pyla dengan memperhatikan aspek usability dan pengalaman pengguna. Metode ini memiliki empat tahap yaitu analisa, desain, prototipe, dan evaluasi. Pengujian usability pada aplikasi Tiket Wisata dilakukan dengan menggunakan metode System Usability Scale