URGENSITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAK TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA

Abstract

Artikel ini merupakan suatu kajian urgensitas pedagogik secara teoritis tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Kristen sebagai pengajar dengan tugas utama membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi agar mewujudkan efektivitas belajar siswa. Untuk mencapai tujuan dari penulisan ini, maka penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan bahan kajian dari buku, jurnal teologi dan jurnal umum untuk penyempurnaan tulisan ini. Hasil penelitian menggambarkan kompetensi pedagogik guru PAK merupakan integrasi menyeluruh dari perjalanan profesionalisme guru. Sebab, guru bukan hanya menguasai mata pelajaran secara teoritis tetapi harus menguasai karakteristik siswa, supaya dapat mengetahui bagaimana kondisi atau situasi pengajaran di kelas. Pemahaman yang diperoleh guru akan memunculkan proses pembelajaran yang hidup, di dalamnya terjadi interaksi siswa dan guru secara berimbang. Menerapkan kompetensi pedagogik yang tepat akan tercipta efektivitas belajar siswa yang baik pula. Dari hal ini dipahami, bahwa urgensitas kompetensi pedagogik memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa, terlihat dari guru menguasai karakteristik siswa, menguasai teori dan prinsip pengajaran, mengembangkan kurikulum, pengembangan potensi dan menguasai tehnik komunikasi dengan siswa.