Manajemen Kelas Islami di SMP Madina Islamic School
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan model manajemen kelas Islami, yang pada proses pengelolaan manajemen kelas ini menekankan kepada pendidik agar menjadi seorang pendidik yang memiliki suatu keahlian berupa aktifitas mengobservasi, mengidentifikasi segala kebutuhan pengelolaan pembelajaran berbasis kepada kebutuhan peserta didik yang akan dilakukan dalam pembelajaran sampai akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah perencanaan pembelajaran secara Itqan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Kelas di SMP Madina Islamic School. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah developmental research dengan tahapan pokok yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data yaitu proses kegiatan belajar mengajar pada kedua sekolah yaitu: SMP Madina Islamic School. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif untuk penemuan dan perancangan model manajemen kelas Islami. Berdasarkan kajian literatur dan observasi dari hasil pengumpulan data yang bersifat administrasi maupun fakta dilapangan terhadap profil sekolah yang mencakup visi, misi, tujuan, kurikulum yang memuat berbagai macam unsur seperti muatan kurikulum, program-program sekolah, sistem pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran meskipun dilakukan melalui daring di sekolah SMP Madina Islamic School yakni model manajemen kelasnya telah menerapkan berbagai macam sub bagiannya secara Islami baik sejak perencanaan, pelaksanaan hingga proses evaluasi. Model manajemen kelas Islami ini mengacu konsep manajemen pengelolaan kelas yang berupaya menerapkan nilai-nilai keislaman didalam kelas. Abstract The problem in this research is the development of an Islamic class management model, which in the management process of this class emphasizes the educator to become an educator who has expertise in the form of observing activities, identifying all the needs of learning management based on the needs of students who will be carried out in learning until the end. decided to make an Itqan learning plan. This study aims to analyze Class Management at SMP Madina Islamic School. The approach used in this research is developmental research with the main stages, namely: observation, interview, documentation. The data source is the process of teaching and learning activities in both schools, namely: SMP Madina Islamic School. The analytical method used is a qualitative method for the discovery and design of Islamic classroom management models. Based on literature review and observations from the results of administrative data collection as well as facts in the field against school profiles which include vision, mission, objectives, curriculum which contains various elements such as curriculum content, school programs, learning systems and implementation of learning even though it is done online In Madina Islamic School, the class management model has implemented various subsections in an Islamic manner, from planning, implementation to the evaluation process. This Islamic class management model refers to the concept of class management that seeks to implement Islamic values in the classroom.