Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Sirah Nabawiyah dalam Kitab Khulashoh Nurul Yaqin

Abstract

Abstrak Artikel ini mengurai nilai-nilai Pendidikan yang terkandung pada pembelajaran sirah nabawiyah dalam kitab khulashoh nurul yaqin yang bisa diaplikasikan dan dijalankan dalam kehidupan keseharian seorang muslim sehingga menjadi sebuah kepribadian atau karakter seorang muslim yang bertakwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan library research (kajian pustaka). Hasil penelitian mengurai dan menyajikan data mengenai nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab sirah nabi khulashah nurul yaqin karya syekh abdul jabbar yang merupakan nilai positif yang bisa dijalankan sebagai karakter pribadi seorang muslim, pengajar, peserta didik. Karakter yang bisa dipelajari dan dijalankan dalam keluarga, Lembaga Pendidikan dan masyarat luas umumnya. Abstract This article describes the educational values contained in sirah nabawiyah learning in the book khulasoh nurul yaqin that can be applied and carried out in the daily life of a Muslim so that it becomes a character personality of a pious Muslim. The method used in this research is descriptive qualitative through a library research approach (library review). The results of the study analyse and present data on the value of character education contained in the book of Sirah Nabi Khulashah Nurul Yaqin by Sheikh Abdul Jabbar which is a positive value that can be carried out as a personal character of a Muslim, teacher, student. Characters that can be learned and implemented in families, educational institutions and the public in general