Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islami di Lembaga Pendidikan

Abstract

Abstrak Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan terdapat beberapa factor yang menentukan, mulai dari kurikulum, materi, metode, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, sarana, prasarana, dan sebagainya. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi peserta didik, diperlukan adanya perencanaan, diantaranya adalah perencanaan sarana dan prasarana pendidikan. Sarana dan prasarana merupakan salah satu factor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi peserta didik. Sarana dan prasarana seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan dan sejalan dengan visi dan misi lembaga pendidikan itu sendiri. Tulisan ini menjelaskan tentang perencanaan sarana dan prasarana pendidikan Islami. Hal ini perlu dilakukan agar sarana dan prasarana yang disiapkan lembaga pendidikan sejalan dengan nilai-nilai agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari kajian ini adalah menunjukkan bahwa guna mencapai tujuan pendidikan diperlukan adanya sarana dan prasarana pendidikan, meliputi perencanaan, tujuan dan manfaat, perinsip perencanaan, prosedur, klasifikasi, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Pengadaan sarana dan prasaran yang direncanakan akan menghasilkan sarana dan prasarana yang baik dan tepat guna, sehingga proses belajar mengajar akan berhasil dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Abstract In improving the quality of learning in educational institutions, there are several factors that determine, starting from the curriculum, materials, methods, educators, education staff, students, facilities, infrastructure, and so on. To improve the quality of learning and student achievement, planning is needed, including planning for educational facilities and infrastructure. Facilities and infrastructure are one of the important factors in improving the quality of learning and student achievement. Facilities and infrastructure should be tailored to the needs and in line with the vision and mission of the educational institution itself. This paper describes the planning of Islamic education facilities and infrastructure. This needs to be done so that the facilities and infrastructure prepared by educational institutions are in line with Islamic religious values. The method used in this research is qualitative with a qualitative descriptive analysis approach. The conclusion of this study is to show that in order to achieve educational goals it is necessary to have educational facilities and infrastructure, including planning, objectives and benefits, planning principles, procedures, classification, procurement of educational facilities and infrastructure. Procurement of planned facilities and infrastructure will produce good and effective facilities and infrastructure, so that the teaching and learning process will be successful with the support of adequate facilities and infrastructure.