MEDIA DAKWAH MASJID (Studi Kasus : Masjid As Sofia Bogor)

Abstract

Abstrak Proses dakwah terjadi karena adanya interaksi antara sejumlah unsur yang meliputi: da’i (komunikator) atau penyampai dakwah, penerima atau pendengar, lingkungan dan sarana (media dakwah). Unsur-unsur tersebut merupakan sebuah sistem yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya dalam suatu aktivitas dakwah. Salah satu Masjid yang menghidupkan dakwah dengan berbagai media yang dimiliki adalah Masjid As Sofia Bogor. Adapun tujuan penelitian ini agar mengetahui gambaran pengelolaan media dakwah masjid yang dilakukan oleh pengurus Masjid As sofia sehingga masjid-masjid yang ada menjadi makmur, dan menjadi sentral kegiatan dakwah masyarakat di sekitarnya. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan current status dari subyek yang diteliti. Konsep media dakwah masjid As Sofia adalah memaksimalkan peran media yang ada dengan berbagai diversifikasinya untuk menunjang kelangsungan tujuan dakwah yang utama yaitu menyampaikan intisari, ilmu serta informasi keagamaan seluas-luasnya. Media Dakwah masjid As Sofia memegang konsep sebagai media, wasilah, sarana untuk mencapai tujuan dakwah, kemudian dikembangkan dalam bentuk jenis-jenis media dakwah lain yang mencakup media visual, audio visual, media cetak, dan media-media akhlak. Abstract The da'wah process occurs because of the interaction between a number of elements which include: da'i (communicator) or preacher of da'wah, recipient or listener, environment and facilities (media da'wah). These elements constitute a system that influences each other in a da'wah activity. One of the mosques that enliven da'wah with various media is the As Sofia Mosque, Bogor. The purpose of this study is to find out the description of the management of the mosque's da'wah media carried out by the administrators of the As Sofia Mosque so that the existing mosques become prosperous, and become the center of the da'wah activities of the surrounding community. This research method used is descriptive research method, which is a study of problems in the form of current facts from a population. The purpose of descriptive research is to test hypotheses or answer questions related to the current status of the subjects studied. The concept of the As Sofia mosque preaching media is to maximize the role of the existing media with various diversifications to support the continuity of the main missionary goal, namely conveying the essence, knowledge and religious information as widely as possible. Media Da'wah As Sofia mosque holds the concept as a medium, wasilah, a means to achieve da'wah goals, then developed in the form of other types of da'wah media which include visual media, audio visual, print media, and moral media.