Studi Tentang Nilai-Nilai Islam Pada Buku Tematik Terpadu Kelas II SD/MI Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan

Abstract

Abstrak Alokasi jam pelajaran agama Islam yang minim serta buku-buku teks pembelajaran yang kosong dari muatan-muatan keislaman harus mampu memotivasi para praktisi pendidikan dalam mewujudkan sarana-sarana untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada analisis nilai-nilai Islam pada buku tematik kelas 2 SD tema 6yang kemudian dievaluasi sehingga nanti buku tersebut dapat dikembangkan agar memiliki muatan-muatan keislaman yang relevan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam mentransformasikan nilai-nilai Islam pada setiap mata pelajaran dan pada setiap bahan ajar. Penelitain ini bersifat deskriptif kualitatif dengan hasil penelitian bahwa nilai-nilai Islam pada buku ajar Tematik Terpadu kelas 2 SD Tema 6 yaitu; (1) nilai merawat kelestarian lingkungan, (2) nilai ihsan (berbuat baik) kepada orang lain dan (3) nilai disiplin dan patuh dengan evaluasi bahwa peserta didik tidak diperkenalkan bahwa nilai-nilai yang dipelajari adalah ajaran agama Islam. Peserta didik juga tidak dikenalkan mengenai peran mereka sebagai seorang muslim (hamba Allah ﷻ). Abstract The minimal allocation of Islamic teaching hours and learning text books that are empty of Islamic content must be able to motivate education practitioners in realizing the means to instill Islamic values in students. This research is focused on the analysis of Islamic values in the thematic book of grade 2 SD theme 6 which is then evaluated so that later the book can be developed so that it has relevant Islamic contents. This research is expected to help teachers transform Islamic values in each subject and in each teaching material. This research is a descriptive qualitative research with the results of the research that Islamic values in the Integrated Thematic textbook class 2 SD Theme 6 are; (1) the value of caring for environmental sustainability, (2) the value of ihsan (doing good) to others and (3) the value of discipline and obedience to the evaluation that students are not introduced to the values being learned are Islamic teachings. Students are also not introduced to their role as a Muslim (servant of Allah ﷻ).