Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Kahfi Bogor)

Abstract

Abstrak Pembelajaran bahasa Arab merupakan sebuah proses yang dilakukan antara pendidik dan peserta didik baik dikelas maupun diluar kelas agar siswa mampu menguasai 4 maharah dalam bahasa Arab. Manajemen pembelajaran bahasa Arab merupakan sarana atau wasilah agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Manajemen pembelajaran bahasa Arab mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, penilaian dan evaluasi. Semua didesain agar efektif dan efesien ,Partisipasi seorang pendidik sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas bahasa . Usaha yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan perkembangan bahasa, bisa melalui desain pembelajaran yang aktif dan juga kreatif. Seorang pendidik dituntut memahami desain perkembangan pembelajaran bahasa Arab. Setelah di Analisis ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini Metode yang digunakan adalah kualitatif jenis penelitian (field research). Subjek penelitian ini diperoleh melalui informen atau responden dengan cara pengumpulan data seperti wawancara, observasi serta analisis data. Abstract Arabic learning is a process carried out between educators and students both in the classroom and outside the classroom so that students are able to master 4 maharah in Arabic. Management of Arabic learning is a means or wasilah so that the desired goals can be achieved. Management of Arabic learning includes planning, implementation, organization, assessment and evaluation. All are designed to be effective and efficient, the participation of an educator is needed in improving the quality of the language. Efforts made by educators in improving language development can be through active and creative learning designs. An educator is required to understand the design of the development of Arabic learning. After the analysis, there are several supporting and inhibiting factors in learning Arabic. In this study, the method used is a qualitative type of research (field research). The subjects of this study were obtained through informants or respondents by means of data collection such as interviews, observations and data analysis.