Pengembangan Supervisi Proses Pembelajaran Berbasis Worldview Islam Pada Pendidikan Dasar

Abstract

Abstrak Proses pembelajaran tidak cukup apabila tidak menggunakan worldview (pandangan hidup) yang benar. Penetrasi paham-paham yang jauh dari basis worldview Islam ke dalam sistem pendidikan tidak akan pernah menghantarkan murid pada tujuan pokok pendidikan Indonesia. Maka dari itu, perlu keseriusan mengembangkan supervisi proses pembelajaran secara menyeluruh mulai dari worldview, konsep, dan implementasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan supervisi proses pembelajaran berbasis worldview Islam pada pendidikan dasar mulai dari konsep hingga implementasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan library research. Hasil dari penelitian ini adalah (1) konsep supervisi proses berbasis worldview Islam menjadikan pedoman Allah Swt. sebagai sumber tunggal pandangan hidup seseorang dalam melaksanakan setiap kegiatan pendidikan, termasuk pemikiran tentang hakikat, nilai-nilai kehidupan, proses pembelajaran, dan pembentukan berbagai peraturan. (2) Implementasi konsep supervisi proses berbasis worldview Islam dapat dilakukan dengan 7 (tujuh) langkah, yaitu: memberi pengantar pada awal aktivitas proses pembelajaran dengan nasihat-nasihat Islami, menyisipkan kata-kata yang menunjukan Kemahakuasaan Allah Swt. khususnya selama proses pembelajaran berlangsung, mengungkapkan hikmah setiap kejadian yang dapat menumbuhkan rasa syukur, memasukkan ayat-ayat Al-Qur’an atau Hadits yang relevan dengan topik pembahasan, mengoreksi konsep-konsep yang digunakan selama proses pembelajaran, menceritakan informasi yang datang dari ilmuwan muslim, dan mengaitkan konsep dengan penerapannya sesuai ajaran Islam. Abstract The learning process is not enough if it does not use the correct worldview (ways of life). The penetration of ideas that are far from the basis of the Islamic worldview into the education system will never lead students to the main goal of Indonesian education. Therefore, it is necessary to seriously develop the supervision of the learning process as a whole starting from the worldview, concept, and its implementation. The purpose of this study is to develop supervision of the Islamic worldview-based learning process in basic education from concept to implementation. The research method used in this research is qualitative with library research. The results of this study are (1) the concept of process supervision based on an Islamic worldview makes Allah Swt.‘s guideline. as the sole source of one's ways of life in carrying out every educational activity, including thoughts about the reality, values of life, the learning process, and the formation of various regulations. (2) Implementation of the concept of process supervision based on Islamic worldview can be carried out in 7 (seven) steps, namely: giving an introduction at the beginning of the learning process activity with Islamic advice, inserting words that show the Almighty of Allah Swt., especially during the learning process, revealing the wisdom of every incident that can foster gratitude, inserting verses from the Qur'an or Hadith that are relevant to the topic of discussion, correcting concepts used during the learning process, telling information that comes from Muslim scientists, and linking the concept to its application according to Islamic teachings.