Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAIBP di SDN Sukadamai 3 Kota Bogor

Abstract

Abstrak Dunia Pendidikan merupakan sarana untuk membentuk karakter peserta didik untuk menjadi pribadi yang berkualitas baik sisi pengetahuannya maupun sisi adab . Sebagai lembaga pendidikan sekolah juga merupakan lembaga yang bertanggung jawab terhadap mutu pendidikan itu sendiri terutama pada tingkat sekolah dasar (SD). Pada penelitian ini diharapkan bisa dideskripsikan hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan standar Kompetensi Lulusan yang telah disusun oleh guru mata pelajaran PAI pada sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian terhadap penerapan Standar Kompetensi Lulusan pada SDN Sukadamai 3 Kota Bogor ini mendapatkan hasil bahwa diadakannya proses persiapan, proses pelaksaan dan proses evaluasi ketercapaian SKL mata pelajaran PAIBP pada SDN SUkadamai 3 Kota Bogor dan diperoleh hasil bahwa penerapan Standar Kompetensi Lulusan PAIBP pada sekolah ini telah sesuai dengan pencapaian standar kompetensi nasional yang telah ditetapkan. Abstract The world of education is a means to shape the character of students to become qualified individuals, both in terms of knowledge and in terms of etiquette. As an educational institution, schools are also institutions that are responsible for the quality of education itself, especially at the elementary school (SD) level. This study is expected to describe the obstacles found in the implementation of the Graduate Competency standards that have been prepared by PAI subject teachers in elementary schools. The research method used is descriptive with a survey approach. This research on the application of Graduate Competency Standards at SDN Sukapeace 3, Bogor City, found that the preparation process, implementation process and evaluation process for the achievement of SKL in PAIBP subjects at SDN Sukapeace 3 Bogor City showed that the implementation of Competency Standards for PAIBP graduates at this school was in accordance with with the achievement of the national competency standards that have been set.