Suvervisi Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al Qur'an Daarul Yusr
Abstract
Abstrak Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Semua potensi dan bakat manusia yang terpendam dengan pendidikan dapat berkembang dan memberikan manfaat baik bagi diri nya maupun orang lain. Pendidikan Islam senantiasa diarahkan untuk menjadikan seorang muslim yang bertakwa, yang paham hakikat eksistensinya didunia ini sebagai hamba Allah (abdullah) dan sebagai khalifah di bumi (khalifah fi al-ardh). Dalam Undang – undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) disebutkan bahwa pendidikan " bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis." Untuk mewujudkan tujuan tersebut, perlu adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, serta pengawasan yang lebih intensif agar tujuan tersebut dapat dicapai dengan baik dan sejauh mana sarana dan prasarana tersebut digunakan untuk mewujudkannya. Di sinilah pentingnya pengawasan sarana dan prasarana karena tanpa adanya pengawasan atau supervisi yang baik akan menghambat tujuan pendidikan dan menjadi kendala akan kelancaran dan kenyamanan belajar mengajar. Maka dari itu penulis terpanggil untuk memaparkan sebuah tulisan yang berjudul : "SUPERVISI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL QUR'AN DAARUL YUSR". Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif, deskriftif dan library research yang diharapkan dapat memberikan informasi kepada pimpinan lembaga pendidikan islam tentang Supervisi Sarana dan Prasarana. Abstract Education is something that is very important for human life.. Islamic education is always directed at making a pious Muslim who understands the nature of his existence in this world as a servant of Allah (abdullah) and as a caliph on earth (khalifah fi al-ardh). In the National Education System Law (SISDIKNAS) it is stated that education "aims to develop the potential of students to become believers, capable, creative, independent and become democratic citizens." To realize these goals, it is necessary to have adequate facilities and infrastructure, as well as more intensive supervision so that these goals can be achieved properly and the extent to which these facilities and infrastructure are used to make them happen. This is where the importance of supervising facilities and infrastructure because without good supervision or supervision it will hinder educational goals and become an obstacle to the smoothness and comfort of teaching and learning. Therefore, the author is called to present an article entitled: "SUPERVISION OF THE FACILITIES AND INFRASTRUCTURE OF ISLAMIC EDUCATION AT QUR'ANIC BOARDING SCHOOL DAARUL YUSR". This paper uses qualitative research methods, descriptive and library research which is expected to provide information to leaders of Islamic education institutions about the Supervision of Facilities and Infrastructure.