Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Prodi BSA UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Abstract Basically motivation in learning languages ??is divided into two types, the first is integrative motivation and the second is instrumental motivation. This study aims to look at what underlies the motivation of students in choosing BSA majors to deepen the ability to speak Arabic for each individual who has different educational backgrounds. The method used in this research is an interactive qualitative method of case study type to find descriptive information about motivation in learning Arabic. Data collection techniques that will be used in this study are open questionnaires which are short essays and interviews. In this study, it was found that 68% of BSA UIN Sunan Kalijaga students had integrative motivation in learning Arabic and the remaining 32% had instrumental motivation. Keywords: Arabic, Learning, Motivation Abstrak Pada dasarnya motivasi dalam mempelajari bahasa terbagi dalam dua jenis, yang pertama motivasi integratif dan yang kedua adalah motivasi instrumental. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hal apa yang mendasari motivasi mahasiswa dalam memilih jurusan BSA untuk memperdalam kemampuan berbahasa arab masing-masing individu yang mana memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif interaktif jenis studi kasus untuk menemukan informasi deskriptif tentang motivasi dalam belajar bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner terbuka yang merupakan esai singkat dan juga wawancara. Pada penelitian ini, ditemukan sebanyak 68% mahasiswa BSA UIN Sunan Kalijaga memiliki motivasi integratif dalam mempelajari bahasa Arab dan sisanya sebanyak 32% memiliki motivasi instrumental. Kata kunci : Bahasa Arab, Belajar, Motivasi