PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT
Abstract
Sektor jasa, terutama pelayanan kesehatan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan memiliki prospek yang baik. Kondisi ini membuat persaingan menjadi lebih ketat. Setiap rumah sakit harus dapat menggunakan berbagai cara untuk menarik pasien melalui kualitas layanan. Masyarakat cenderung menuntut layanan kesehatan yang cepat dan lebih baik . rumah sakit menyadari hal itu, sehingga mereka harus mencapai itu kepuasan pasien dalam berbagai strategi untuk mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan di Rumah M. Yunus Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah M. Yunus Bengkulu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan diketahui bahwa variable kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.