STRATEGI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) KANTOR PERWAKILAN LAMPUNG DALAM MENUMBUHKAN MINAT MASYARAKAT BERINVESTASI

Abstract

Pasar modal atau dikenal juga denga sebutan capital market merupakan tempat bertemunya penjual maupun pembeli instrumen keuangan jangka panjang yang dapat di perjualbelikan, berupa surat utang, ekuiti, reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal adalah suatu sarana pendanaan bagi setiap perusahaan yang tergabung dalam daftar Bursa dan merupakan sarana kegiatan investasi. Pasar modal akan memfasilitasi sarana dan prasarana kegiatan jual-beli saham dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya. Penulisan jurnal ini membahas tentang Strategi Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Lampung dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat dalam Berinvestasi. Strategi yang dilakukan Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung diantaranya yaitu sosialisasi dan edukasi. Strategi sosialisasi dan edukasi ini memiliki beberapa maca m bentu k kegiatan, diantaranya yait u sosialisasi yang dilakukan degan target calon investor dan kepada existing investor. Kegiatan edukasi melalui kegiatan kampanye dengan slogan ‘Yu k Nabung Saham’, edukasi sekola h pasa r moda l, pelaksanaan kegiatan Foru m Calon Investo r, bekerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta serta membuka Klini k Investasi yaitu Galeri Investasi. Bursa Efe k Indonesia Kanto r Perwakilan Lampung disarankan agar dapat lebi h memaksimalkan hubungan kerjasama dengan Galeri Investasi maupun kepada kelompok-kelompok studi pasar modal, peneliti juga menyarankan agar Bursa Efe k Indonesia Kanto r Perwakilan Lampung lebih memaksimalkan sosialisasi produk-produ k pasa r moda l kepada masyaraka t terkhusus pada segmentasi kalangan akademisi atau kalangan muda mengingat karena pertumbuhan investor dari kalangan tersebut cukup signifikan dan kalangan tersebut dapat menjadi jembatan informasi terkait pasar modal kepada masyarakat awam. Peneliti juga menyarankan agar Bursa Efe k Indonesia Kanto r Perwakilan Lampung tetap memakai berbagai media sosia l untuk mensosialisasikan produknya di era digital seperti sekarang. Kata Kunci: Strategi, Investasi, Bursa Efek Indonesia.