PENDEKATAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN : STUDI KASUS PT BERNOFARM
Abstract
PT Bernofarm adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap penjualan produk berupa obat oral dan injeksi. Marketing tersebut diwajibkan untuk menjual kepada rumah sakit dan apotek-apotek yang berada di kota Metro. Dalam pemesanan produk oleh pelanggan sering terjadinya kekosongan stok, sehingga hal ini membuat pelanggan beralih ke pembelian perusahaan lain. Adapun keluhan yang dialami oleh pelanggan yaitu keterlambatan nya pengiriman stok barang, kurang nya komunikasi antara salesman dengan rumah sakit dalam penagihan faktur obat, terjadinya ke kosongan stok dari pabrik serta kesalahan dalam penginputan orderan.Program CRM dapat membantu perusahaan melacak hampir semua detail bisnis yang terjadi antara perusahaan dan klien, mulai dari alamat penagihan hingga hari pengiriman. Sistem CRM pertama kali dikembangkan untuk bisnis besar dengan tim penjualan besar. CRM dapat membantu mengelola kontak dan catatan yang ada pada bisnis.