PENERAPAN METODE FUZZY C-MEANS UNTUK PENENTUAN KOMPETENSI MAHASISWA DI STMIK DHARMAWACANA METRO
Abstract
Kompetensi mahasiswa menjadi suatu pertimbangan bagi dosen ataupun mahasiswa sendiri untuk menentukan bidang atau peminatan dalam menyusun tugas akhir. Oleh sebab itu, mengetahui kompetensi mahasiswa menjadi suatu kajian yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kompetensi mahasiswa melalui metode Fuzzy C-Means dengan memanfaatkan data yang dimiliki mahasiswa di STMIK Dharma Wacana Metro. Metode penelitian menggunakan clustering Fuzzy C-Means dengan menghitung jarak data ke pusat Centroid menggunakan rumus Euclidean Distance. Populasi data dalam penelitian ini adalah 350 mahasiswa semester 1-7 dengan mengambil data nilai mata kuliah Mobile Computing, Artificial Intelligence, Application Development, dan Enterprise Resourcing Planning. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 126 data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 126 sampel yang terdiri dari 63 mahasiswa program studi Teknik Informatika (TI) terdapat 16 mahasiswa dalam Cluster 1 (Sangat Rendah), 11 mahasiswa masuk kategori Cluster 2 (Rendah), 14 mahasiswa masuk kategori Cluster 3 (Sedang) dan 22 Mahasiswa masuk Cluster 4 (Tinggi). Kemudian dari 63 mahasiswa Sistem Informatika (SI) terdapat 22 mahasiswa masuk pada Cluster 1 (Sangat Rendah), 17 mahasiswa masuk Cluster 2 (Rendah), 16 mahasiswa masuk cluster 3 (Sedang), dan 8 mahasiswa masuk pada Cluster 4 (Tinggi)