a تأثير استخدام وسائل الصورة في ترقية مهارة الكتابة (في تعليم اللغة العربية دراسة تجريبية بمدرسة الإخلاص الإبتدائية الإسلامية المتحدة سومبر شربون

Abstract

                 Keterampilan bahasa yang terakhir adalah keterampilan  menulis. Penggunaan media visual seperti halnya “gambar”  dipercaya dapat  meningkatkan kompetensi siswa dalam keterampilan menulis. Dengan menggunakan media gambar guru dapat memusatkan perhatian siswa lewat  deskripsi  mengenai apa yang akan ditulis oleh siswa kelak dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Merujuk pada wawancara antar peneliti dengan guru  selepas KBM di Madrasah Diniyah (MD) Al Ikhlas Sumber Cirebon, guru dihadapkan pada problematika pembelajaran yang terjadi di dalam kelas seperti minat belajar siswa terhadap bahasa arab yang minim dan juga penggunaan media pembelajaran yang belum juga  mencapai taraf efektif  ditinjau dari segi meningkatnya kompetensi siswa di bidang keterampilan menulis. Maka dari itu, peneliti bermaksud memusatkan penelitian bidang keterampilan menulis karena pembelajaran keterampilan menulis di sana masih dirasa kurang.             Adapun tujuan-tujuan penelitian ini adalah: Satu, Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 4 MD Al Ikhlas Sumber Cirebon dalam keterampilan menulis tanpa penggunaan media gambar. Dua, Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 4 MD Al Ikhlas Sumber Cirebon dalam keterampilan menulis dengan menggunakan media gambar. Tiga, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar di kelas 4 MD Al Ikhlas Perbutulan  Sumber  Cirebon.             Seperti kita ketahui bahwasanya pembelajaran bahasa arab di dunia begitu populer. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran  memiliki urgensitas tersendiri dengan berbagai tujuan. Gambar memudahkan dalam penyampaian materi pengajaran selama KBM dan membuat pengelolaan  kelas menjadi lebih baik lagi. Dan seperti penjabaran sebelumnya keterampilan bahasa yang ke-4 adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis berada pada level setelah keterampilan yang lain dikarenakan, membutuhkan visualisasi dan pengungkapan atas apa yang terlintas di dalam benak  diteruskan dengan dituliskan sampai pada penulisan karangan.             Metodologi penelitian disini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen (quasi eksperimen)  dengan desain nonequivalent control goup). Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan signifikansi  data yang dibutuhkan okeh peneliti.             Buah penelitian ini terbagi menjadi 3. Pertama, kemampuan keterampilan menulis siswa di kelas kontrol (4A) mencapai taraf standar, dengan mencapai poin 58,76. Dari poin tersebut ditemukan 8 siswa yang mendapatkan predikat baik    (60 – 70), 13 siswa yang mencapai predikat cukup (50 – 60), dan 7 siswa dengan predikat kurang (40 – 50). Kedua, kemampuan keterampilan menulis siswa di kelas eksperimen (4B) mencapai taraf sedang, dengan capaian poin 59,50. Dari poin tersebut ditemukan 8 siswa yang mendapatkan predikat baik (60 – 70),            10 siswa dengan predikat cukup (50 – 60), dan terakhir 7 siswa dengan predikat kurang (40 – 50). Ketiga, adanya pengaruh yang kecil dari pemakaian media gambar di kelas 4 MD Al Ikhlas Sumber Cirebon. Kata kunci : Media Gambar, Keterampilan Menulis