Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 MI/SD Berbasis Islami

Abstract

Pengembangan buku ajar menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan pembelajaran, Buku ajar bahasa inggris berbasis islami ini mempunyai ciri khas yaitu materi berbasis kontekstual dan keislaman yang dilengkapi dengan 4 aspek keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar bahasa inggris berbasis islami dan meneliti validitas serta kemenarikan buku ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain Borg & Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan buku ajar bahasa inggris memperoleh kualifikasi yang baik, dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 80%, ahli desain dengan persentase 92%, guru kelas dengan persentase 94%. Buku ajar memiliki tingkat kemenarikan yang tinggii dibuktikan dengan hasil wawancara dan angket kepada peserta didik dengan presentase 90,04%, Sehingga buku ajar telah memenuhi aspek-aspek dalam pengembangan & kebutuhan dalam proses pelaksanaan pembelajaran.