Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal wilayah Sragen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian riset dan pengembangan yang mengacu pada model 4-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, nilai pre-tes dan post-test. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli materi mencapai 84%, hasil validasi ahli desain 88%, dan hasil validasi ahli pembelajaran 86%. Hasil uji coba kemenarikan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal mencapai 72% dan nilai rata-rata post-test siswa mencapai 90,2%. Hasil uji-t pada perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,10 diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 1,288 > 0,691 artinya H0 ditokak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat efektifitas yang tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Slendro Kabupaten Sragen.