Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas Satu Madrasah Ibtidaiyyah
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan literasi siswa terutama keterampilan membaca setelah sekian lama pembelajaran dilaksanakan secara daring, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan big book dalam kegiatan pembiasaan kelas 1 MI Darussalam Sumowono dalam bidang kemampuan literasi. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian siswa Kelas I MI Darussalam Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah setelah guru memanfaatkan media big book untuk kegiatan membaca, kemampuan literasi siswa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis sangat baik, hal ini dibuktikan dengan keterampilan membaca lancar siswa kelas I MI Darussalam mencapai 65 % dalam kategori cukup, keaktifan siswa dalam unjuk kerja malalui diskusi kelompok, produk berupa buku kecil atau mini book serta evalauasi akhir mencapai 89.28 % dalam kategori baik.