Pengaruh Strategi Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Pondok Pesantren di Kota Jember)
Abstract
Salah satu keputusan perusahaan yang penting dalam persaingan strategi produk adalah kegiatan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat pengaruh antara Harga (X1), Kualitas Layanan (X2) dan Kepuasan (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Pengambikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling sejumlah 93 orang konsumen AMDK Al Qodiri dari populasi 1.318 orang di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri (ASHRI) dan Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. Analisis yang digunakan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 18. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian adalah positif signifikan, dengan Koefisien Standardize pengaruh langsung sebesar 0,187. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian adalah positif signifikan, dengan Koefisien Standardize pengaruh langsung sebesar 0,345. Pengaruh Kepuasan terhadap keputusan pembelian adalah positif signifikan, dengan Koefisien Standardize pengaruh langsung sebesar 0,461.