Problematika-Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika-problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII SMP NU Kajen, untuk mengetahui solusi dan upaya-upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP NU Kajen. Jenis penelitan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif induktif, yang dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; Problematika Pembelajaran Bahasa Arab yang dihadapi oleh siswa kelas VII SMP NU Kajen yaitu: (1) Peserta didik lambat dalam pemahaman bahasa Arab, (2) Latar belakang lingkungan yang kurang mendukung kemajuan prestasi belajar bahasa Arab, (3) Peserta didik kurang bisa dalam kemampuan membaca bahasa Arab. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas VII SMP NU Kajen yaitu: (1) Pihak sekolah berusaha meningkatkan jaminan kesejahteraan pendidik, (2) Memberikan pengertian dan motivasi kepada anak didik, (3) Memilih metode mengajar yang tepat dan variatif , (4) Melengkapi fasilitas dan sarana belajar mengajar, (5) Pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik, dan (6) Memberikan pekerjaan rumah secara rutin.