PESANTREN DAN KEWIRAUSAHAAN; Analisis Pendidikan Agrobisnis dan Agroindustri di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo

Abstract

Saat ini pengembangan kewirausahaan di lingkungan pesantren sudah menjadi keniscayaan atau kebutuhan. Terlebih, jika hal ini dikaitkan dengan keinginan pesantren untuk mengedepankan kemandirian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pendidikan pondok pesantren berbasis entrepreneurship bidang agrobisnis dan agroindustri di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbentuk diskriptif dengan pendekatan  fenomenologis. Penulis menyimpulkan bahwa corak pendidikan pesantren Mukmin Mandiri dapat dilihat dari kurikulum dan proses pembelajaran. Pesantren Mukmin Mandiri melakukan sejumlah akomodasi yang dianggap tidak hanya akan mendukung kontinuitas pesantren, tetapi juga bermanfaat bagi santri. Pendidikan bidang agrobisnis di pesantren ini mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, pemrosesan, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani yang saling terkait satu sama lain. Sementara pendidikan dalam bidang agroindustri dapat dijabarkan dengan kegiatan pembelajaran dalam bidang industri yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang, dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut. Penulis berargumen bahwa model pendidikan berbasis agrobisnis dan agroindustri di pondok pesantren ini adalah model pendidikan integratif; sebuah model pendidikan yang mengintegrasikan materi kewirausahaan di dalam seluruh mata pelajaran, buku ajar, ekstrakurikuler dan kultur pesantren. Setelah itu, kegiatan praktik secara simultan dilakukan berdasarkan materi yang diberikan.