PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah berakibat banyak pada perubahan dan permasalahan kehidupan manusia, terutama dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran jarak jauh dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMP se-Kecamatan Pauh, Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi 1.172 orang, dengan menggunakan teknik random sampling yang merujuk pada rumus slovin diperoleh sampel 298 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alat angket bersifat skala likert. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa Pembelajaran jarak jauh dan motivasi berprestasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMP se-Kecamatan Pauh. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Y= 18,801+0,380X1+ 0,254X2, nilai R sebesar 0,692 dan nilai RSquare sebesar 0,479. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pembelajaran jarak jauh dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMP se-Kecamatan Pauh yaitu sebesar 47,9%, sedangkan sisanya 52,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang ada di luar penelitian