ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN MENURUT ABUDDIN NATA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Abuddun Nata sebagai pakar pendidikan memiliki pemikiran tersendiri tentang strategi pembelajaran yang berkaitan dengan metode pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi dan metode pemebelajaran menurut Nata dengan melakukan studi kepustakaan. Sumber data primer adalah buku-buku dan artikel karya Nata dan didukung oleh sumber lain sebagai sumber data sekunder. Kemudian dilakukan content analysis. Bagi Nata secara esensial bahwa basis strategi pembelajaran memiliki tiga unsur pokok yakni pendidik, peserta didik, dan tujuan pendidikan. Dalam pembelajaran, dari pendidik kepada peserta didik atau dari peserta didik kepada pendidik, memerlukan materi ajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketiganya tidak dapat dipisahkan dan unsur-unsur ini akan membentuk suatu triangle. Maka, jika hilang satu unsur saja, maka hilanglah hakikat pendidikan Islam itu. Strategi pembelajaran yang dituntut sekarang, menurut beliau adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik bukan yang berpusat pada pendidik. Sementara itu, strategi pembelajaran yang berkaitan dengan metode pembelajaran PAI yang menjadi perhatian beliau adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan, metode pemecahan masalah, metode diskusi, dan metode simulasi.