PENERAPAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN BACAAN ALQURAN SISWA TPA BAITUL HIKMAH KENAGARIAN ALAHAN PANJANG, KECAMATAN LEMBAH GUMANTI, KABUPATEN SOLOK
Abstract
Latar belakang ditulisnya skripsi ini adalah sebagian dari guru TPA ini masih belum optimal dalam menerapkan pembelajaran tajwid. Berdasarkan observasi penulis pembelajaran tajwid di TPA Baitul Hikmah memakai metode talaqqi, namun langkah-langkah metode ini belum diterapkan sepenuhnya oleh guru. Guru menyimak bacaan Al-Qur’an siswa dan hanya sesekali mengajarkan ilmu tajwid pada siswa. Bahkan langkah-langkah metode talaqqi sangat sederhana namun belum sempurna diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan ilmu tajwid dalam meningkatkan bacaan siswa di TPA Baitul Hikmah Kenagarian Alahan Panjang.Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), menggunakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru pengajar Alquran dan tajwid TPA Baitul Hikmah, sedangkan informan pendukung adalah siswa TPA Baitul Hikmah. Wawancara dan observasi merupakan teknik yang peneliti lakukan dalam mengumpulkan data serta didukung pula oleh dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan triangulasi data sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data.Dari penelitian yang dilakukan peneliti didapati bahwa penerapan metode talaqqi pada pembelajaran ilmu tajwid di TPA Baitul Hikmah yaitu: diawal pembelajaran guru memerintahkan siswa membacakan ayat Alquran didepan guru, lalu guru mengoreksi bacaan siswa yang salah dan menunjukkan hukum-hukum tajwid yang terdapat dalam ayat Alquran yang baru dibaca siswa. Selanjutnya siswa disuruh mengulang kembali bacaan ayat Alquran yang telah dikoreksi guru dengan baik dan benar, dan menyebutkan tajwid yang terkandung didalam ayat tersebut. Penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran ilmu tajwid di TPA Baitul Hikmah sebagian guru jarang sekali mengulang kembali mengenai hukum-hukum tajwid pada ayat yang telah dibaca siswa setelah siswa mengulang bacaan dan hukum tajwid yang terdapat padaAl-Qur’an. Latihan-latihan untuk memantapkan pemahaman ilmu tajwid dilakukan guru dengan memberi penugasan pada siswa dirumah dengan cara kontinu mengulang membaca dan memahami ilmu tajwid yang telah diajarakan di rumah, guru juga selalu mengingatkan siswa untuk selalu mengulang pembelajaran Al-Qur’an khususnya dalam hal ilmu tajwid.\