PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB PADANG

Abstract

Pembelajaran membaca al-Qur’an merupakan sebuah kegiatan keagamaan yang telah rutin dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakat Perempuan Kelas IIB Padang. Aktor utama di balik kegiatan yang sangat penting ini adalah para Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang. Kegiatan ini menjadi aktifitas mingguan dengan durasi sekitar satu jam untuk setiap kali pertemuan. Tulisan ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif terhadap kegiatan di atas dengan memfokuskan kajiannya pada bagaimana kegiatan tersebut direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi serta bagaimana peluang dan tantangannya. Melalui sebuah kajian mendalam didapatkan bahwa kegiatan pembelajaran membaca al-Qur’an itu telah berlangsung selama lebih kurang lima bulan. Aktifitas yang merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang dan Kantor Kementerian Agama ini telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2021 dan dihentikan untuk sementara waktu sejak pemberlakukan PPKM di Sumatera Barat. Setelah dilakukannya penelitian ini diharapkan hendaknya kegiatan pembelajaran ini dapat direncanakan dengan lebih matang oleh kedua belah pihak, dilaksanakan secara lebih intensif, dan memprioritaskan asas kemanfaatan atau nilai positif bagi para penghuni Lapas Perempuan.