IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: Mengetahui Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembinaan karakter peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; Mengetahui pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembinaan karakter peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; Mengetahui penilaian pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembinaan karakter peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sumber data Kepala Sekolah, guru, Peserta didik dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru sudah terencana dengan baik, sudah mengikuti standar dan prosedur yang ada sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah mengarah kepada apa yang menjadi tuntutan kurikulum 2013. Guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar peserta didik dan guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan serta menumbuhkan pendidikan karakter terhadap peserta didik (3) Penilaian dan Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah diberlakukan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menghendaki pelaksanaan penilaianya secara menyeluruh mulai dari input, proses dan output yang terdiri tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.