Rekonsiliasi Sisi “Sakralitas” dan “Profanitas”: Antara Pendidikan Islam dan Revolusi Industri 4.0
Abstract
Abstrak: Dinamika pendidikan Islam dan revolusi industri 4.0 seringkali dipandang sebagai masalah yang kompleks. Dengan demikian, Pendidikan Islam sebagaimana ditafsirkan oleh Az-Zarnuji melalui magnum opusnya yang berjudul Ta'lim Muta'allim dapat mewakili dimensi sakral dan dinamika Pendidikan Islam dalam konteks Revolusi Industri 4.0 dapat direpresentasikan sebagai identitas profan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara teoritis model perpaduan Pendidikan Islam antara yang profan dan yang sakral untuk menarik titik konvergen di antara keduanya. Kajian ini membahas bahwa Pendidikan Islam memiliki respon yang unik dalam menyelesaikan revolusi industri 4.0 dengan mengedepankan prinsip tarbiyah untuk mencegah “konflik” dan mengimplementasikannya dengan pendekatan interdisipliner yaitu open mindedness oleh teknologi, media dan modernitas. Studi ini juga memberikan bacaan alternatif kontekstual antara Pendidikan Islam dan Revolusi Industri 4.0. Kata kunci: pendidikan Islam, revolusi industri 4.0, sakral dan profan. Abstract: Islamic Education and the 4.0 Industrial Revolution is seemed like a complex matter. Thus, Islamic Education as interpreted by Az-Zarnuji’ideas through his magnum opus entitled Ta’lim Muta’allim could be represent the sacred dimension and the dynamic of Islamic Education in the context of the 4.0 Industrial Revolution could be represent as the identity of profane. This study uncovers the description on the integrated vision of Islamic Education between the profane and the sacred to draws the convergent point. This study focusses on the Islamic Education has a unique response in resolving the 4.0 industrial revolution by emphasizing the spirit of tarbiyah to prevent “conflicts” and optimizing through interdisciplinary approach which open mindedness by the technology, media and the modernity. This study also gives the contextual alternative reading on the intersection between Islamic Education and the 4.0 Industrial Revolution. Keywords: Islamic education, sacral, profane, revolution industry 4.0