KINERJA GURU DALAM MENCIPTAKAN INOVASI PEMBELAJARAN

Abstract

Rendahnya kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini ditandai dengan adanya siswa yang bermain dalam belajar, keluar masuk ruangan, mengganggu teman dalam belajar. Siswa mengatakan bahwa pembelajaran PAI membosankan. Untuk itu, guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menciptakan inovasi   metode, media dan strategi pembelajaran agar tujuan pendidikan agama Islam bisa tercapai. Jenis penelitian ini adalah field research dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di lapangan tentang  inovasi metode, media dan strategi pembelajaran sudah dilakukan oleh guru namun guru mengalami beberapa kendala dalam menerapkannya seperti keterbatasan fasilitas yang ada seperti terbatasnya arus listrik, air yang kurang memadai, waktu pembelajaran yang kurang efektif, kemudian guru masih kesulitan mengubah paradigma teacher center pada student center.