PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah untuk memperoleh data sehingga diketahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa, gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar, dan pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Padang sebanyak 792 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportional Startified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel 89 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan studi dokumentasi. Pengolahan data dengan cara uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padang. Berdasarkan perhitungan statistik didapatkan hasil thitung=4,290>ttabel=1,663  dengan ρ=0,000<α=0,05 dan persentase pengaruh 17,5%. (2) Terdapat pengaruh  positif dan signifikan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padang. Berdasarkan perhitungan statistik didapatkan hasil thitung=3,589>ttabel=1,663 dengan ρ=0,001<α=0,05 dan persentase pengaruh 12,9%. (3) Terdapat pengaruh  positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padang. Berdasarkan perhitungan statistik didapatkan hasil Fhitung=11,645> Ftabel =3,10 dengan ρ=0,000<α=0,05 dan persentase pengaruh 21,3%.   Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar Siswa, Prestasi Belajar