ISTIKHDĀM ṬARĪQAH AL-TAʿALLUM AL-ʾIRSHĀDIY LI TARQIYAH MAHĀRAH AL-KALĀM

Abstract

Pembelajaran maharah al-kalam ialah pembelajaran keterampilan yang kedua dari pembelajaran keterampilan Bahasa Asing. Problematika yang ditemukan pada pembelajaran maharah al-kalam di antaranya menggunakan bahasa tujuan, metode dan media pembelajaran. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh conselling learning method dalam meningkatkan  keterampilan berbicara di Madrasah Tsanawiyah Swasta Siulak Gedang Kerinci dan adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil nilai siswa pada keterampilan berbicara dengan menggunakan conselling learning method ( Kelas Eksperiment ) dan tanpa menggunakan conselling learning method ( Kelas Kontrol ). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif dengan jenis metode eksperiment dan menggunakan analisis data statistik, pengumpulan data mealalui testdengan  sumber data dari guru Bahasa Arab dan siswa.Hasil nilai siswa pada kelas eksperiment dengan menggunakan conselling learning method berpengaruh kepada keterampilan berbicara siswa dengan nilai rata – rata postest 82,50 dan nilai postest pada kelas kontrol 70,89.