EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR POKOK BAHASAN PECAHAN
Abstract
RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifanpenggunaan alat peraga pada proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasarpokok bahasan pecahan. Metode penelitian menggunakan metode library researchyaitu dengan menggali proses pembelajaran matematika pada tingkat sekolahdasar berdasarkan teori-teori, kemudian membandingkannya dengan praktekpengajaran maupun dengan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan.Penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika sangat penting dan sangatdibutuhkan bagi anak Sekolah Dasar. Karena mereka butuh sesuatu yang abstrak.Anak usia Sekolah Dasar lebih mudah mempelajari sesuatu yang abstrak,sehingga penggunaan alat peraga sangat efisien dan efektif dalam prosespembelajaran serta keberhasilan terhadap tujuan pembelajaran yang diinginkan.Dengan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran pokok bahasanpecahan akan memperoleh hasil yang lebih baik daripada tidak menggunakan alatperaga. Penggunaan alat peraga pada pengajaran matematika pokok bahasanpecahan adalah lebih efektif.Kata kunci : Alat Peraga dan Matematika