MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA KOMPETENSI MENENTUKAN UNSUR PENUNJANG DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN KELAS XII SMK NEGERI 5 MEDAN T.P 2016/2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran Desain Interior dan Eksterior Bangunan di Kelas XII SMK Negeri 5 Medan T.P 2016/2017. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Hasil temuan penelitian diperoleh pada siklus I pertemuan pertama terdapat 18,7% siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 81,3% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Pada pertemuan kedua siklus I terdapat 46,9% siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 53,1% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dengan demikian secara klasikal siswa dinyatakan masih kurang termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, siswa yang telah termotivasi dalam belajar, pada pertemuan pertama siklus II meningkat menjadi 90,6% dan pada pertemuan kedua siklus II meningkat menjadi 93,8%. Sementara siswa yang kurang termotivasi dalam belajar pada pertemuan pertama siklus II sebanyak 9,4% dan pada pertemuan kedua siklus II sebanyak 6,2%. Dengan demikian, secara klasikal siswa dinyatakan telah termotivasi dalam belajar. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Diskusi Kelompok, Desain Interior dan Eksterior Bangunan