PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA MEDAN

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap citra perusahaan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Medan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Medan. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 45 orang yang diambil dari berbagai tempat alfamart yang ada di Medan yang dilakukan secara acak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang dapat dinilai dari indikator : penampilan fasilitas fisik perusahaan (tangible), perhatian individu (emphaty), ketepatan waktu pelayanan (reliability), penanganan pengaduan (responsiveness) dan kesiapan karyawan melayani pelanggan (assurance).Variabel terikat adalah citra perusahaan. Analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak faktor tangible, realiability, responsiveness, assurance dan Empathy berpengaruh signifikan positif terhadap citra perusahaan. Secara parsial faktor keandalan, ketanggapan, serta jaminan dan kepastian secara serempak signifikan (nyata) mempunyai pengaruh positif terhadap citra perusahaan, sedangkan bukti fisik dan perhatian tidak berpengaruh signifikan tetapi bernilai positif. Ketanggapan (X3) mempunyai pengaruh yang lebih besar dari pada variabel jaminan dan kepastian (X4), keandalan (X2), bukti fisik (X1), perhatian (X5).